Hosting Unlimited Indonesia
LETAKKAN SCRIPT IKLAN DISINI
Hosting Unlimited Indonesia
LETAKKAN SCRIPT IKLAN DISINI

Cara Mudah Mengedit Blog

 
Mengedit atau memodifikasi tampilan blog itu menyenangkan dan sebenarnya tidak sulit jika kita mengetahui sedikit banyak tentang script CSS (Cascading Style Sheets), HTML, dan Javascript. Hal tersebut ingin kita lakukan biasanya karena ingin membuat tampilan blog agar lebih keren, memberi warna dan suasana baru, atau mungkin kita bosan dengan tampilan blog yang itu-itu saja.


Membaca script / kode tentu adalah hal yang menyebalkan terkhusus untuk blogger pemula termasuk Saya dulunya. Namun bila kita mengerti sedikit banyak tentang kode itu, hal yang tadinya menyebalkan bisa menjadi menyenangkan loh. Langsung saja simak cara / tutorialnya berikut ini.
  • Pertama-tama login ke akun blogger.com > Buka blog yang akan diedit > Pada menu bar blogger sebelah kiri, klik Template > Pada menu Template klik Edit HTML
  • Jika sudah membuka Edit HTML biarkan dahulu, sekarang buka blog Sobat, kita akan melakukan pengeditan tampilan blog dari Inspect Elemen terlebih dahulu.
  • Inspect Elemen/ Periksa Elemen yang akan kita edit gaya, warna, ukuran dan lain sebagainya. Klik kanan pada bagian yang akan di edit, pilih Periksa Elemen / Inspect Element. 
  • Untuk pengeditan Saya sarankan menggunakan browser Mozilla Firefox, download disini, karena untuk memodifikasi CSS lebih mudah dan leluasa, atau Chrome juga tidak masalah.
  • Kode HTML yang sebelah kiri, dan kode CSS yang disebelah kanan Inspect Element.
  • Mengedit kode HTML dengan klik kanan kode HTML yang diinginkan,  kemudian Edit As HTML, atau tekan F2 saja pada kode tersebut. Maka tampilannya seperti pada Gambar 1 (Lihat di bawah postingan).
  • Mengedit kode CSS yaitu klik Property / Value CSS yang ada disebelah kanan Inspect Elemen, kemudian ganti atau modifikasi sesuai keinginan. Pada contoh dibawah ini, Saya mengganti value / nilai dari warna background elemen .menu. Contoh pada Gambar 2 (Lihat di bawah postingan).
  • Pengguna Firefox, pada bagian inspect element, pilih Style Editor/ Editor Gaya, untuk fokus ke pengeditan CSS. Editing HTML nya pada Inspector / Inspektur tab Inspect Element. Contoh pada Gambar 3 (Lihat di bawah postingan).
  • Pilih style utama blog Sobat yang hendak diedit, atau periksa satu persatu kumpulan CSS yang ada disebelah kiri gambar berikut. Silahkan Sobat, mengotak atik CSS yang ada pada kolom tengah. Contoh pada Gambar 4 (Lihat di bawah postingan).
  • Jangan sungkan untuk menghapus atau menambahkan kode pada CSS maupun HTML, karena pengeditan ini sifatnya sementara saja, dan hanya terjadi pada komputer Sobat.
  • Tetap lanjutkan saja pengeditan, jika sudah menemukan atau menyelesaikan desain yang diinginkan, save atau salin kode HTML dan CSS yang baru tersebut, ke Edit HTML yang ada pada Blog sobat, search saja di blog dengan CTRL+F agar memudahkan menemukan kode yang akan diganti.
  • Dan lagi lagi, jangan berhenti berusaha mencoba terus menerus, jika belum berhasil coba dan coba lagi, karena semakin sering kita menemukan masalah dan memecahkannya, semakin banyak pula pengalaman kita dalam mendesain web.
  • Gunakan juga tool color generator dan editor HTML CSS blog ini, yang mungkin memudahkan Sobat dalam pengeditan.
Semoga tutorial atau penjelasan yang Saya tuliskan pada artikel ini dapat membantu Sobat blogger sekalian untuk memodifikasi tampilan blog atau websitenya. Lebih dan kurangnya Saya mohon maaf, Terima Kasih.
 
 
 
 
 

0 comments:

Tukar Link