Hosting Unlimited Indonesia
LETAKKAN SCRIPT IKLAN DISINI
Hosting Unlimited Indonesia
LETAKKAN SCRIPT IKLAN DISINI

Cara Mudah Merubah Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Cara Merubah Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com - Cara Mengganti Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Perubahan Domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id sebenarnya sudah pernah dikabarkan sejak 3 tahun silam tepatnya pada tahun 2012, dimana pengalihan domain blogspot.com ini sudah lebih dulu di terapkan untuk beberapa negara seperti di jerman, domain blogspot menjadi blogspot.de serta di amerika menggunakan domain blogspot.com, dan untuk perubahan domain blogspot.com di indonesia baru terealisasi tepatnya pada tanggal 03 September 2015 sehingga Blogspot.com Menjadi blogspot.co.id.

Tujuan dari pengalihan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id adalah untuk mempermudah dalam mengawasi kebijakan, yakni berupa pelanggaran yang di lakukan blogspot terhadap kebijakan sebuah negara, dimana ketika blogspot melanggar kebijakan suatu negara maka blogspot tersebut akan di banned (hanya untuk domain blogspot negara yang bersangkutan).

Permberlakuan pengalihan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id di indonesia ini sempat membuat kepanikan dunia blogger indonesia dimana pada tanggal 03 September 2015 domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id kemudian pada tanggal 07 September 2015 terjadi kembali perubahan domain blogspot.co.id menjadi blogspot.com dan selanjutnya pada tanggal 10 masih di bulan dan tahun yang sama kembali terjadi perubahan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Walaupun bolak-balik terjadi perubahan domain blogspot, jika kita perhatikan sebenarnya domain blogspot yang kita gunakan 100 % masih tetap memakai domain blogspot.com atau perubahan domain blogspot.com hanya sebatas perubahan yang terjadi pada geographic pengakses blogspot tersebut atau hanya sekedar pengalihan redirect country, ambil contoh jika blog yousolusi ini di buka di negara india tentunya yang muncul adalah http://yousolusi.blogspot.in atau jika dibuka di negara singapura berubah menjadi http://yousolusi.blogspot.sg serta jika di buka di indonesia berubah menjadi http://yousolusi.blogspot.co.id, dan lain sebagainya.

Kemungkinan terjadinya perubahan kembali blogspot.co.id menjadi blogspot.com pada tangal 7 September 2015 merupakan perbaikan sistem dalam menanggapi keluhan pengguna blogspot tentang integrasi iklan Google Adsense yang tidak tampil pada blogspot.co.id.


Dampak Pengalihan Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id
  1. Domain berubah menjadi .co.id, dan tentunya akan membuat identitas blogger indonesia semakin populer.
  2. Permasalahan Iklan Google Adsense (GA) yang tidak muncul pada Blogspot.co.id
  3. Data alexa berubah, seperti data Ranking dan data Sites Linking in lenyap, selain itu semua data backlink serta PA dan DA juga ikut raib.
  4. Di lain sisi akibat perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id ini kemungkinan juga akan  membawa kabar baik bagi blog yang menggunakan bahasa indonesia.
Tetapi dari semua dampak yang di timbulkan dari perubahan domain Blogspot.com kemungkinan hanya domain .co.id yang akan bersifat permanen, sedangkan dampak yang lain hanya bersifat semetara saja dan akan normal kembali setelah google melakukan proses redirect.

Dan sepertinya sekarang untuk masalah iklan Google Adsense sudah beres, buktinya iklan sudah pada muncul untuk blog yang menggunakan redirect country atau untuk pengakses blogspot dari indonesia, dan kemungkinan besar Google akan memberlakukan perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id untuk selamanya, disamping itu mengenai Masalah Perubahan Domain Blogspot.com adalah hak google, dan pastinya perubahan yang dilakukan Google tidak mungkin merugikan pihak pengguna blogspot.

Melihat kondisi saat ini kalau saya sih ngikut saja,, lagian blogspot.com atau blogspot.co.id semua sama-sama gratis, jadi tidak etis kalau kita di kasih kemudahan malah rewel, tugas kita hanyalah membuat posting artikel yang bermanfa'at dan selalu terupdate, karena bagaimanapun juga artikel yang berkualitas merupakan aset tertinggi dalam sebuah blog, selain itu jika di suruh memilih antara blogspot.com dan blogspot.co.id saya pribadi lebih suka dengan menggunakan tampilan domain blogspot.co.id, mengingat .co.id merupakan ciri kas TLD (Top Level Domain) Indonesia, jadi kelihatan lebih keren.

Untuk itu masalah Pengalihan Domain Blogspot.com menjadi blogspot co.id hendaknya tidak perlu di cemaskan, namanya juga numpang ya mesti ngikuti aturan yang berlaku jika tidak mau di usir, dan bagi anda yang masih ngotot ingin tetap menggunakan tampilan domain blogspot.com, anda bisa mengakali dengan cara menambahkan script redirect custom domain, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah bagaimana Cara Mengatasi Perubahan Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com adalah dengan cara menambahkan script redirect custom domain pada template blog.

1. Login Blogger.com


2. Kemudian pada menu blogger pilih Template.


3. Selanjutnya klik Edit HTML.


Kemudian cari kode <head>, lalu taruh kode / script redirect di bawah ini tepat di bawah kode <head> Lalu klik Simpan Template.

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>


Contoh Penempatan Kode HTML pada Template Blogspot.


4. Selesai.

Menyingkapi masalah penambahan script redirect custom domain sampai saat ini pihak google masih menganggap dalam batas kewajaran dan tidak menyalahi kebijakan google, karena cara ini yang masih digunakan oleh para master blogger ketika melakukan custom domain, dan sejauh ini pihak google masih belum meberikan tanggapan yang pasti mengenai masalah perubahan custom domain blogspot saat ini yaitu sesuai extensi domain negara masing-masing, tetapi hendaknya kita lebih waspada mengingat perubahan custom domain blogspot seperti ini merupakan kebijakan terbaru google yang tentunya sudah di perhitungkan oleh pihak google tentang kemungkinan permasalahan yang terjadi, dan ketika google membuat perubahan peraturan baru kemudian kita tidak mengikuti aturan yang berlaku, maka bisa saja google memblokir blog kita karena dianggap melawan ketentuan serta kebijakan google seperti pada perubahan custom domain yang tetap memaksa menggunakan domain blogspot.com.

Semoga Bermanfa'at...

0 comments:

Tukar Link